Keanekaragaman Hayati di Indonesia


Indonesia dengan luas daratan yang hanya 1,3 % dari luas keseluruhan permukaan bumi kaya akan berbagai spesies hidupan liar dan beragam tipe ekosistem yang sebagiannya tidak dijumpai dibelahan bumi manapun Indonesia memiliki sekitar 27.000 spesies tumbuhan berbunga atau sebesar 10 % dari seluruh dunia spesies tumbuhan berbunga di dunia. 515 jenis satwa mamalia yang hanya 12 % dari seluruh spesies mamalia di dunia, 511 spesies satwa reptilian dan 270 spesies satwa amphibia atau hanya 16 % dari seluruh spesies dibumi. Tingginya kekayaan keanekaragaman hayati di Indonesia ini merupakan hasil akhir dari empat faktor utama yaitu :

  • Wilayah yang luas Indonesia adalah negara terbesar ke empat di dunia dengan luas keseluruhan sekitar 8 juta km2 dan daratan seluas 1,9 juta km2
  • Keadaan geografis. Indonesia adalah negara kepulauan yang terpisah berjauhan sehingga mendorong terjadinya proses spesiasi (pembentukan spesies baru)
  • Letak . Terletak diantara dua wilayah biogeografi yaitu Indo malayan di sebelah barat dan Australia di sebelah timur sehingga, susunan flora dan faunanya merupakan gabungan dari ciri komponen biotik dari dua wilayah tersebut.
  • Ekosistem . Memiliki beragam ekosistem yang mulai dari ekosistem peraian dalam hingga pada ekosistem pegunungan tinggi.

1 comment:

Mohon Komentar. Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Paling Populer